Cashflow Quadrant by Robert T. Kyosaki

Selama bertahun-tahun, Robert T. Kyosaki telah mengajarkan sebuah konsep yaitu “CASHFLOW Quadrant”. Mungkin bagi sebagian orang lain, ini merupakan suatu hal baru yang perlu dipelajari. Sehingga konsep ini bermanfaat untuk merubah pola pikir manusia tentang bagaimana seni dalam menghasilkan uang.

cashflow

The CASHFLOW Quadrant dibagi menjadi empat jenis orang :
E = Employe untuk Karyawan, Buruh atau Para Pekerja
S = Self-Employe untuk Spesialis, Dokter, Arsitek, Artis, dan sebagainya
B = Business Owner untuk Para Pemilik Bisnis Pribadi
I = Investor untuk Para Pemegang Saham
Di sisi kuadran kiri adalah E (Employe) dan S (Self-Employe), mereka adalah pelaku/orang-orang yang membayar pajak paling banyak dan menukar waktu mereka untuk menghasilkan uang. Sedangkan di sisi kuadran kanan adalah B (Business Owner) dan I (Investor) merupakan kebalikan dari sisi kuadran kiri, mereka adalah pelaku/orang-orang yang membayar pajak paling sedikit dan menciptakan bisnis pribadi atau berinvestasi dalam bentuk aset yang akan menghasilkan arus kas uang untuk mereka, bahkan ketika mereka dalam keadaaan sedang tidur. Sangat menarik bukan?
Dalam kasus ini, karyawan dan seorang wiraswasta yang berjuang karena pekerjaan yang semakin langka serta biaya hidup yang meningkat pula, dituntut dan secara tidak sadar akan menyita waktu mereka untuk berdagang lebih giat setiap harinya, sehingga posisi ini menjadi kurang menguntungkan bagi mereka. Selain itu, produk yang mereka butuhkan untuk hidup seperti air, makanan, dan lain-lain menjadi lebih mahal bagi mereka.
namun disisi lain sangat menguntungkan untuk mereka yang memiliki bisnis pribadi dan yang berinvestasi saham sehingga menjadi lebih kaya dan lebih kaya lagi. Karena mereka dapatkan arus kas keuntungan dari kinerja aset-asetnya, sehingga arus perekonomian mereka semakin hari semakin baik dan sangat baik.
Jika Anda berjuang dalam kemerosotan perekonomian di sisi kiri, saya ingin menyarankan anda untuk mulai mengubah pola pikir Anda. Dari mulai membuat rencana dan mengambil tindakan untuk bergerak dari sisi kiri ke sisi kanan CASHFLOW Quadrant. Menginvestasikan waktu dan keuangan Anda, untuk memulai bisnis pribadi, ataupun bisa berinvestasi saham untuk memperbaiki arus kas Anda.
Ini bukanlah proses yang instan dan akan terjadi dalam semalam, namun ini memerlukan suatu upaya serta kerja keras. Jika Anda rajin dan focus mengontrol ini dengan baik serta step by step yang beraturan, arus kas keuangan Anda akan jauh lebih baik di masa depan walaupun dalam kondisi pasar yang naik ataupun pasar turun.

0 komentar: